Tuesday, August 5, 2008

TIPS MENGGUNAKAN DAN MERAWAT FLASH DISK

Baca dengan TENANG dan PERLAHAN...!
Beberapa bulan yang lalu (tahun 2007) aku membeli sebuah FLASH DISK (maaf ya jika salah penulisan) berkapasitas 4 GB. Ini adalah benda kesayangan ku. Kemana pergi, selalu ku bawa. Karena jaman sekarang adalah jamannya digital. Apapun digital, termasuk DATA.
Aku juga seorang yang bisa dikatakan sering keluar masuk WARNET. Aku sering mengumpulkan informasi di sana, tampa harus membeli buku.
Benda ini (FLASH DISK) sangat ku jaga dengan baik (PERAWATAN EKSTRA)

• Tidak ku dekatkan dengan HP, karena bisa menghilangkan DATA.
• Jangan sampai terbanting,
• Jangan sampai bengkok,
• Jangan sampai basah / lembab / panas.
• Tidak terlalu lama berada di dalam port (lubang) USB, karena bisa panas.
• Ku masukkan dalam port USB hanya untuk meng-copy atau menyimpan data, setelah itu langsung cabut.
• Ku simpan di tempat yang baik pula.
Pada tanggal 01 Agustus 2008,
FLASH DISK aku RUSAK TOTAL dan TIDAK DAPAT DIPERBAIKI LAGI. (ada hikmahnya lah)

Masalahnya DI LUAR DUGAAN,
yaitu menyangkut komputer tempat FLASH DISK dimasukkan.

BEGINI CERITANYA ...(hehe9 kaya kismis gitu..)



• Hari itu 01 Agustus 2008, aku ke warnet di Banda Aceh.
• Sebelum-sebelumnya aku juga sering masuk warnet itu.
• Hari ini beda, lain dari yang lain. Aku masuk kamar yang BELUM PERNAH aku masuk sebelumnya.
• Apa ya,,, yang ada di sana ???
• Ga ada masalah apa-apa. Sama juga dengan isi kamar yang lainnya.
• Aku duduk dengan tenang, lalu mulai mencari data yang ku inginkan.
• Setelah satu jam,, aku ingin pulang.
• LALU aku masukkan FLASH DISK ke dalam port (lubang) USB yang ada di DEPAN CPU.
• Kemudian, aku Copy data ke FLASH DISK
• Lalu aku Eject dan cabut.
• Eeehhhh... Rupanya ada yang tinggal.
• LALU aku masukkan lagi,
• Komputer tidak mengeluarkan pesan apa-apa.
• Seperti FLASH DISK tidak dimasukkan sama sekali.
• Ku coba berulang-ulang juga ga bisa (tidak ada respon)
• Aku pulang ke rumah, di komputer rumah juga ga bisa
• Ya,, Aku uda panik, karena banyak data penting di sana.
• ,, ,, ,,
• ,, ,,
• ,,
• ,
• KLIMAKS CERITA ;
• ,
• Besoknya 02 Agustus 2008, aku pergi ke tempat dimana aku membeli FLASH DISK itu untuk diperbaiki.
• Mereka meminta FLASH DISK nya, lalu aku kasih.
• Setelah dicoba beberapa kali, juga tidak bisa.
• Mereka mewawancarai aku ;
• Teknisi : " Ada terbanting..?"
• Aku : " ga ada..."
• Teknisi : " Ini kemungkinan hangus,,"
• Teknisi : " FLASH DISK dimasukkan dari port USB Depan atau Belakang CPU ?"
• Aku : " Melalui Depan.."
• Teknisi : " Itu dia, AKAR permasalahnnya."
• Teknisi : " Port (lubang) USB yang di Depan CPU bagian bawah, biasanya dirakit dengan memperpanjang kabel dari arah belakang, ada 4 kabel. Jika ada kesalahan pada perakitan (pemasangan). Berkemungkinan besar akan menghanguskan FLASH DISK. Sehingga tidak dapat diperbaiki lagi."
• ,,
• Teknisi : " Pada komputer(komputer yang dirakit) yang belum pernah kita gunakan, lebih aman memasukkan Flash Disk melalui port bagian belakang."
• Aku : " Ya. gapapa. Trimaksih banyak Bang."
• Setelah itu, aku beli Flash Disk baru, ya memang sedang sangat diperlukan.
• ------
Begitulah ceritanya. Kalo ada yang baik boleh dibawa pulang. Kalo ada yang salah, saya mohon maaf ya.

Catatan AgusSalim
http://www.salimkita.blogspot.com

No comments:

Post a Comment